Apa Itu Water Jogging

Apa Itu Water Jogging


water jogging belt model
Water Jogging (Aqua Jogging, Joging Air) adalah suatu bentuk gerakan berlari di air yang dalam yang benar-benar sangat mirip dengan  gerakan berlari di darat.

Saat melakukan water jogging atau berlari di dalam air yang dalam, kaki Anda tidak menyentuh dasar kolam, sehingga tidak ada benturan (zero impact) dan aman dari hampir semua jenis cedera. Dari pengalaman para pelari profesional, hanya ada satu kondisi Anda seharusnya tidak berlari di dalam air yakni saat Anda menderita cedera otot fleksor pinggang karena cedera ini dapat diperburuk oleh peningkatan resistensi air saat Anda menekuk kaki Anda ke atas.

Karena gerakan water jogging sangat mirip dengan gerakan jogging (berlari di darat), water jogging juga melatih neuromuscular sebagai tambahan dari manfaat aerobik yang membuat otot-otot lari tetap aktif. Hal yang tidak bisa didapat dari bersepeda dan berenang.

Satu-satunya kendala water jogging yaitu Anda memerlukan kolam renang yang cukup dalam untuk berlari tanpa menyentuh dasar kolam. Jika Anda memiliki akses dengan kolam renang dengan air dalam, water jogging harus menjadi pilihan pertama Anda untuk latihan lintas (cross-training).

Bagaimana Melakukan Water Jogging


water jogging belt produk
Water jogging yang baik hendaknya yang meniru persis gaya berlari alamiah sebagaimana dilakukan di darat. Anda perlu merendam diri Anda di kolam air dalam dengan menggunakan alat yang dinamakan water / aqua jogging belt. Alat ini dapat membantu Anda menjaga posisi yang baik saat berlari di dalam air karena menjaga hidung Anda tetap berada di atas air serta menopang dengan baik posisi bagian belakang pinggang maupun tulang belakang Anda.

Posisi tubuh yang baik saat berjoging di dalam air adalah menjaga bagian atas tubuh Anda tetap tegak dan tidak terlalu condong ke depan, yang mana sedikit agak berbeda dengan postur lari normal Anda di darat. Sebaiknya lakukan latihan dengan menaikkan lutut lebih tinggi dan lebih menendang ke belakang dibandingkan dengan cara belari di darat. Hal ini akan membuat Anda tetap tegak dan memungkinkan Anda melakukan gerakan sprint. Gambar di bawah ini menunjukkan posisi yang benar dan yang salah saat melakukan water jogging.
water jogging belt posisi



Panduan Latihan di Air Menggunakan Water Jogging Belt (2)

Pada artikel sebelumnya kami telah membahas bagian yang pertama panduan latihan di air menggunakan Water Jogging Belt tentang cara pasang d...